Wacana Sejarah Ideologi Dunia



           
Dalam sejarah pertarungan sosial dan politik dunia, tentu terdapat peran penting ideologi  di dalamnya. Awalnya, istilah “ideologi” dimaksudkan oleh penciptanya Destrut De Tracy (1796), sebagai “ilmu ide” yang diharapkan mampu membawa perubahan institusional, mulai dari pembaharuan menyeluruh atas sekolah-sekolah di Prancis. Tracy memberikan definisi ideologi adalah suatu sistem ide, yang mencoba melepaskan diri dari hal-hal metafisis.
Sampai kemudian ideologi berkembang, dan diartikan sebagai sistem dan tata nilai dari  kesepakatan-kesepakatan, yang harus ditaati dalam sebuah kelompok sosial. Ideologi adalah motivasi bagi praksis sosial yang memberikan pembenaran dan mendorong suatu tindakan. Ideologi mendorong untuk menunjukkan bahwa kelompok sosial yang diyakininya  mempunyai alasan untuk ada. Kemunculan tiga arus besar ideologi dunia yaitu, kapitalisme, sosialisme-komunisme, dan fasisme serta perkembangan gerakan sosial dan ilmu pengetahuan yang diikuti munculnya teori-teori baru yang menjadi pembahasan hangat di kalangan intelektual.
Banyak pakar memberikan penjelasan bahwa kapitalisme sebagai sistem perekonomian dunia baru dimulai sejak abad XVI. Menurut Dudley Dillard pada zaman kuno sebenarnya sudah terdapat model-model ekonomi yang menjadi cikal bakal kapitalisme. Dillard membagi urutan perkembangan kapitalisme menjadi tiga tahap, Kapitalisme Awal, Kapitalisme Klasik, dan Kapitalisme Lanjut.
Kapitalisme Awal, kapitalisme untuk periode ini masih mendasarkan pada pemenuhan kebutuhan pokok yang mulanya hanya kepada teman sesama saudagar kemudian berkembang menjadi perdagangan publik. Kapitalisme Klasik, pada tahapan ini kapitalisme mempunyai jangkauan lebih luas yakni industri. Pada fase ini argumentasi yang digunakan adalah ekonomis yang kesuksesannya berimbas pada  hubungan antara kapitalis dan negara. Sedang Kapitalisme Lanjut, ditandai dengan adanya liberalisasi pasar yang didukung oleh TNC/MNC, World Bank/IMF dan WTO.
Arus ideologi yang kedua yakni sosialisme-komunisme, pada awalnya sosialisme-komunisme mempunyai arti yang sama tetapi akhirnya komunisme lebih dipakai untuk aliran sosialis yang lebih radikal. Jika ditilik dari sejarahnya, sosialisme merupakan produk dari revolusi industri di Inggris. Utama protes yang digaungkan adalah prinsip pemilikan secara komunal dan penolakan terhadap ketimpangan sosial.
Arus ideologi ketiga, yaitu fasisme yang menurut kesejarahannya muncul pasca perang dunia I. Fasisme, sebagai ideologi yang dianut sebuah negara, memuat ciri-ciri sebagai gerakan yang Totaliter, Nasionalis-Rasialis, dan mengidolasi pemimpinnya. Mussolini tokoh yang mula-mula mengenalkan fasisme dengan gerakan revolusionernya, disusul oleh Hitler yang menjadi roh fasisme Jerman.

COMMENTS

Name

Agenda,3,Artikel,13,Kajian,12,Lagu-Lagu PMII,7,Pustaka,2,Warta,2,
ltr
item
PMII RASHUL: Wacana Sejarah Ideologi Dunia
Wacana Sejarah Ideologi Dunia
https://4.bp.blogspot.com/-LJkFF7wIZQg/WwFtx1n06SI/AAAAAAAAAzc/iD1zop_dCIIBiSpJepSMlmS9TbBwrVFgwCLcBGAs/s1600/gambar%2Bideologi.png
https://4.bp.blogspot.com/-LJkFF7wIZQg/WwFtx1n06SI/AAAAAAAAAzc/iD1zop_dCIIBiSpJepSMlmS9TbBwrVFgwCLcBGAs/s72-c/gambar%2Bideologi.png
PMII RASHUL
http://www.pmiirashul.or.id/2018/05/wacana-sejarah-ideologi-dunia.html
http://www.pmiirashul.or.id/
http://www.pmiirashul.or.id/
http://www.pmiirashul.or.id/2018/05/wacana-sejarah-ideologi-dunia.html
true
493703147680904197
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy