Yang Viral Yang DiJajal


“mereka itu ndak ngerti cara beragama, masa bendera tauhid dibakar” pekikan pak kumis pedagang angkringan di tengah riuh hujan malam kamis kemarin. Seperti biasa mengawali dengan senda gurau dan tanpa sengaja membahas masalah yang lagi viral di jagad media.

Tak biasanya pak kumis bicara seperti itu, mungkin dia sudah mulai melek media yang mainstream dengan segudang sensasinya.  Belum lagi pembicaraan yang berubah ubah mulai dari pernyataan capres yang saling serang  sampai drama nenek harumpaet .

Yah begitulah kondisi masyarakat sekarang di tahun politik ini. semua seolah seperti seorang pakar,  setiap kepala berhak mengemukakan berbagai argument yang lagi lagi media mainstream sebagai pemantiknya.

Nampaknya memang perihal wacana sekarang sudah menjadi konsumsi di berbagai kalangan baik tua atau muda, miskin atau kaya, kaum intelektual atau masyarakat biasa  sudah tidak bisa dibedakan diantaranya.

Berbeda dengan kondisi di luar negeri yang masih sibuk dengan pekerjaan rumahnya,  mengembangkan teknologi, dan bersaing di bidang ekonomi. Masyarakat Indonesia masih saja sibuk saling adu argument yang acap kali berganti setiap menjadi trending topik. Hal ini adalah salah satu dampak  lambatnya kemajuan berfikir masyarakat. Sampai kapan masyarakat Indonesia akan seperti ini ? atau ada yang menyeting semuanya sehingga maksud dan tujuan mereka sudah sampai pada hasilnya? Aaa…. sudahlah…….

Media sebagai sumber mencibir dan nyiyir

Perhelatan pemilu sebentar lagi. kedua kubu saling serang dan topic media mainstream selalu menggoreng isu isu.  Semua berita secara langsung menjadi buah bibir di  masyarakat. bisa dalam bentuk cibiran saling hasut dan bahkan berdebat.  Bukan hanya dalam ranah pemberitaan di jejaring sosial media namun warung angkringan pak kumis pun tak luput dari hal tersebut.


Masyarakat di buat heboh dengan berbagai berita yang disampaikan dan tanpa berfikir 2 kali untuk menelitinya atau mencoba bertabayyun dengannya. Di tambah dengan program pertelevisian yang mendatangkan berbagai narasumber yang saling adu argument dengan ciri khas kentara nuansa politis  di banding dengan mencari problem solving di antara keduanya. Mereka yang sok intelektualis pun sedikit banyak berkomentar bahkan sampai ranah masyarakat paling bawah.

Hal tersebut juga pastinya tidak bisa dilepas dengan berkembangnya teknologi informasi yang tanpa batas. Budaya konsumtif konservatif masyarakat menambah hiruk pikuk semakin kacau pencernaan program media  yang lebih mengedepankan rating ketimbang isi konten yang disampaikan.

“Ini mas es teh nya” celetuk pak kumis membangunkan lamunan penulis di angkringan tersebut
Pada akhirnya penulis teringat dengan lirik puisi yang tidak sengaja ia temukan di status wa temannya kurang lebihnya seperti ini
Pada akhirnya eksistensi tuhan dilupakan
Kalah pamor dengan berhala sosial media
Kebenaran semakin di sanksikan
Muka berdosa tak nampak karna di edit dengan aplikasi.
[Habib]

COMMENTS

Name

Agenda,4,Artikel,32,Kajian,12,Lagu-Lagu PMII,7,Pustaka,3,Warta,5,
ltr
item
PMII RASHUL: Yang Viral Yang DiJajal
Yang Viral Yang DiJajal
https://4.bp.blogspot.com/-pHR8GVKC4yw/W9hR6Epz7UI/AAAAAAAAA-0/IgkE_74zDLcD2Yvz-bVDUnRCHz-ku1ApgCLcBGAs/s320/file-20180304-65525-b1ty2f.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-pHR8GVKC4yw/W9hR6Epz7UI/AAAAAAAAA-0/IgkE_74zDLcD2Yvz-bVDUnRCHz-ku1ApgCLcBGAs/s72-c/file-20180304-65525-b1ty2f.jpg
PMII RASHUL
http://www.pmiirashul.or.id/2018/10/yang-viral-yang-dijajal.html
http://www.pmiirashul.or.id/
http://www.pmiirashul.or.id/
http://www.pmiirashul.or.id/2018/10/yang-viral-yang-dijajal.html
true
493703147680904197
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy