Ketika Tuhan Tak Lagi Dibutuhkan

berakhlak dan bermoral. Konsekuensi kedua yaitu membuat kehidupan kita lebih damai, karena  apapun peristiwa yang kita alami, yang kita ingat pertama kali adalah Allah ta’ala.

Judul buku : Ketika Tuhan Tak lagi Dibutuhkan
Penulis : Ahmad Rifa’i Rif’an
Penerbit : PT Elex Media Komputindo
Kota penerbit : Jakarta
Tahun terbit : Cetakan pertama: Mei 2017 (cetakan kelima: November 2018)
Halaman : 228 halaman

Resensi Buku
Buku Ketika Tuhan tak lagi dibutuhkan ini merupakan salah satu buku terlaris yang ditulis oleh Ahmad Rifa’i Rif’an, penulis muda yang sangat produktif. Buku yang ditulis tahun 2017 ini langsung disambut oleh pembaca hingga mendapat predikat Best Seller. 

Buku ini mengajarkan tentang hal-hal yang seharusnya kita lakukan sebagai makhluk  tuhan. Di dalam riuh laju hidup manusia, selalu ada pilihan antara mengejar kesenangan yang  selalu datang dan pergi tanpa henti, atau menjemput kebahagiaan hakiki ketika Tuhan dijadikan  sandaran. Melalui penuturan tanpa menggurui, buku ini memaparkan bagaimana menjalani  hidup dalam modernnitas tanpa meninggalkan makna hidup itu sendiri, dengan tuhan yang  maha Esa pencipta sebagai tolak ukur segala langkah kita. Hanya saja kekurangan dalam buku  ini masih terdapat banyak kalimat typo sehingga menjadikan si-pembaca kurang menikmati ketika membaca buku tersebut.

Terdapat pernyataan yang menarik pada buku ini yaitu: Manusia jadi bermoral karena percaya Tuhan? Atau Manusia percaya Tuhan karena manusia bermoral? 

Jawaban atas pernyataan tersebut masih menyisakan perdebatan. Ada sebagian orang  yang lebih percaya pada pernyataan kedua yakni didasarkan pada perkembangan manusia yang  sebenarnya sudah mengenal etika dan moral, bahkan sebelum mereka mengenal tuhan. 

Ketika Tuhan tak lagi di butuhkan, buku ini bisa menjadi perenung bersama bahwa  konsekuensi keimanan sungguh agung. Dua di antaranya adalah membuat kita menjadi berakhlak dan bermoral. Konsekuensi kedua yaitu membuat kehidupan kita lebih damai, karena  apapun peristiwa yang kita alami, yang kita ingat pertama kali adalah Allah ta’ala.

ditulis oleh Sahabati Nelli
(Anggota Biro Media dan Penulisan)



Lihat juga

Aktivis tanpa Literasi


COMMENTS

Name

Agenda,4,Artikel,47,Download,1,Kajian,14,Lagu-Lagu PMII,7,MAPABA 2019,1,masalah wanita dalam fiqih,1,Opini,1,PMII,1,Pustaka,5,Resensi,1,Siapa itu PC PMII Semarang Raya ???,1,Twibbon PMII,1,wanita muslim,1,Warta,9,
ltr
item
PMII RASHUL: Ketika Tuhan Tak Lagi Dibutuhkan
Ketika Tuhan Tak Lagi Dibutuhkan
berakhlak dan bermoral. Konsekuensi kedua yaitu membuat kehidupan kita lebih damai, karena apapun peristiwa yang kita alami, yang kita ingat pertama kali adalah Allah ta’ala.
https://1.bp.blogspot.com/-b4kBIM30c-E/Xb8UWnu16BI/AAAAAAAABNg/9PNS-y2SdPQwYpEH5mSEzOjcf8AzN6i0ACLcBGAsYHQ/s320/images%2B%252817%2529.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-b4kBIM30c-E/Xb8UWnu16BI/AAAAAAAABNg/9PNS-y2SdPQwYpEH5mSEzOjcf8AzN6i0ACLcBGAsYHQ/s72-c/images%2B%252817%2529.jpeg
PMII RASHUL
http://www.pmiirashul.or.id/2019/11/ketika-tuhan-tak-lagi-dibutuhkan.html
http://www.pmiirashul.or.id/
http://www.pmiirashul.or.id/
http://www.pmiirashul.or.id/2019/11/ketika-tuhan-tak-lagi-dibutuhkan.html
true
493703147680904197
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy